3/25/2008

Tutorial membuat gambar vector sederhana




Untuk kesempatan kali ini, penulis akan mencontohkan pembuatan ilustrasi vector yang sangat sederhana dan mudah untuk dipraktekkan buat pemula. Mari kita mulai.

1.Buka program Adobe Illustrator Anda. Awali pekerjaan dengan membuat dokumen kerja baru, dengan memilih menu File > New, atau tekan tombol Ctrl + N pada keyboard. Pada kotak dialog New Document, masukan nilai-nilai parameter seperti terlihat pada gambar 1.1.


Gambar 1.1. Kotak dialog New Document

Klik tombol OK. Anda akan melihat sebuah dokumen kerja baru seperti ditunjukan Gambar 1.2.

Gambar 1.2. Dokumen kerja baru

2. Berikutnya aktifkan Ellipse tool , kemudian klik pada area dokumen. Pada kotak dialog Ellipse, masukan nilai parameter Width: 150pt dan height: 150pt, kemudian klik OK. Anda akan memperoleh objek lingkaran untuk kepala boneka beruang. Lihat Gambar 1.3.

Gambar 1.3. Buat kepala objek

Selanjutnya masih dengan Ellipse tool, buat dua buah lingkaran berukuran Width: 50pt dan height: 50pt, dan posisikan pada bagian kiri dan kanan atas lingkaran kepala. Lihat gambar 1.4.

Gambar 1.4. Buat dua objek lingkaran untuk telinga

3. Buat lagi dua buah lingkaran dengan ukuran Width: 30pt dan height: 30pt dan posisikan dalam lingkaran dengan ujung bawah menempel pada lingkaran kepala, seperti terlihat pada Gambar 1.5. Lingkaran ini berfungsi sebagai bagian dalam telinga beruang.

Gambar 1.5. Buat lingkaran bagian dalam telinga

Selanjutnya buat lagi dua buah lingkaran dengan ukuran Width: 25pt dan height: 25pt dan posisikan di bagian dalam lingkaran kepala sebagai mata beruang. Atur posisi keduanya seperti diperlihatkan Gambar 1.6.

Gambar 1.6. Buat lingkaran untuk mata beruang

4. Berikutnya buat lagi dua buah lingkaran berukuran Width: 50pt dan height: 50pt sebagai bagian dari pipi beruang. Lalu atur keduanya seperti Gambar 1.7 berikut ini.


Gambar 1.7. Buat lingkaran untuk pipi beruang

Selanjutnya buat sebuah lingkaran untuk bagian hidung beruang dengan ukuran Width: 30pt dan height: 15pt. Posisikan di bagian tengah pipi, seperti Gambar 1.8 berikut ini.

Gambar 1.8. Buat Ellipse untuk hidung beruang

Jika sudah, seleksi semua objek yang telah dibuat dengan menekan tombol Ctrl + A pada keyboard. kemudian gabungkan menjadi satu grup dengan memilih menu Object > Group, atau tekan tombol Ctrl + G pada keyboard. Dengan demikian Anda sudah berhasil membuat bagian kepala beruang, seperti nampak pada Gambar 1.9.

Gambar 1.9. Ilustrasi kepala beruang


5. Selanjutnya kita akan membuat bagian badan beruang. Mulailah dengan membuat objek lingkaran berukuran Width: 200pt dan height: 200pt. Kemudian geser lingkaran tersebut kearah posisi bawah kepala beruang menggunakan Selection tool , atau tekan tombol V. Setelah itu, klik kanan pada badan beruang yang telah terseleksi, pilih Arange > Send To Back, atau dengan menekan tombol Shift + Ctrl + [. Maka akan tampak hasilnya sepeti yang terlihat pada gambar 1.10 berikut ini.


Gambar 1.10. buat lingkaran untuk badan beruang

Lanjutkan dengan membuat bagian tangan beruang dengan membuat satu buah lingkaran berbentuk elips horizontal menggunakan mouse (nilai parameter bebas). Kemudian seleksi lingkaran tersebut, setelah itu rotasikan dengan menu Object > Transform > Rotate, isikan nilai parameter Angle: 45. Hasilnya akan terlihat seperti Gambar 1.11 berikut ini.

Gambar 1.11. Buat bagian tangan beruang

Kemudian letakan bagian tangan yang sudah dibuat diposisi kanan kepala beruang. Lihat Gambar 1.12

Gambar 1.12. Posisikan tangan beruang

Lanjutkan dengan membuat tangan kiri beruang, caranya dengan menyeleksi tangan kanan yang sudah jadi, kemudian Copy atau dengan menekan tombol Ctrl + C pada keyboard. Setelah itu tekan tombol Ctrl + V untuk mem-Paste hasil copy. Hasil copy secara otomatis langsung terseleksi, kita tinggal merefleksi/membalik gambar kearah berlawanan dengan menggunakan menu Object > Transform > Reflect, kemudian isikan nilai parameter Angle: 90, seperti yang terlihat pada gambar 1.13, lanjutkan dengan menekan tombol OK.

Gambar 1.13. Membuat tangan kiri beruang

Dengan demikian Anda telah membuat bagian tangan kiri beruang dan tinggal memposisikan di bagian kiri kepala beruang, seperti yang terlihat pada Gambar 1.14 berikut ini.


Gambar 1.14. Posisi tangan kiri beruang

Setelah kedua tangan selesai kita kerjakan, kita tinggal membuat kakinya saja, caranya sangat simple, seleksi tangan pertama dengan mouse dibarengi menekan tombol Shift, kemudian klik tangan kedua. Hasilnya akan terlihat seperti Gambar 1.15 berikut ini.

Gambar 1.15. Seleksi kedua tangan beruang

Jika sudah terseleksi, tekan tombol Ctrl + C untuk mengcopy bagian tangan tersebut, setelah itu tekan tombol Ctrl +V untuk mempastekan. Hasil copy tadi sudah otomatis terseleksi, kita tinggal memanfaatkan menu Object > Transform > Reflect, lalu isikan parameter Axis: Horizontal dan Angle: 0, kemudian klik OK. Lalu posisikan kedua kaki tersebut. Hasilnya akan terlihat pada Gambar 1.16.

Gambar 1.16. Bagian kaki beruang

Dengan demikian kita telah berhasil membuat gambar beruang dengan utuh. Biar tambah bagus hasilnya, kita perlu memberi sedikit sentuhan akhir, yaitu merubah ketebalan outline garis. Caranya, kita seleksi semua objek yang telah kita buat tadi denagn menekan tombol Ctrl + A, kemudian ubah nilai parameter outline menjadi 3pt seperti yang terlihat pada Gambar 1.17 berikut.

Gambar 1.17. Merubah ketebalan outline

berada diposisi terdepan dari Setelah Gambar menjadi tebal outline-nya, kita tinggal memberi warna pada bagian-bagian beruang. Terlebih dahulu kita harus meng-Ungroup bagian kepala tadi dengan menggunakan menu Object > Ungroup. Setelah tak ada lagi objek yang tergabung, kita bebas untuk mewarnainya. Caranya, seleksi bagian yang akan di beri warna, pastikan dulu bahwa FillStroke, setelah itu kita tinggal memilih warna yang disukai pada menu Color ( mengaktifkan: Window > Color). Setelah diwarnai, kita bisa menggabungkan kembali bagian-bagian beruang dengan perintah Group. Lihat Gambar 1.18 dibawah ini.

Gambar 1.18. Coloring

Setelah beberapa step kita lalui, maka boneka beruang kita telah selesai. Dengan demikian, pelajaran kali ini telah selesai, penulis berharap informasi ini bermanfaat buat orang-orang yang ingin mencoba berkreasi menggunakan software Adobe Illustrator dan mengembangkan gambar-gambar vectornya untuk lebih bagus lagi. Terima kasih banyak. (hendri)

Gambar 1.19. Gambar telah jadi

Contoh-contoh Gambar berbasis vektor yang lain:























1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks! Very interesting! It is useful